manfaat salmon untuk bayi
Tips

Beragam Manfaat Salmon Untuk Bayi yang Perlu Kamu Ketahui

Bagikan artikel ini

Ada banyak sekali manfaat salmon untuk bayi yang kamu bisa dapatkan. Terutama, bagi kamu yang baru saja menjadi orangtua. Bayi membutuhkan nutrisi yang cukup untuk bisa tumbuh berkembang. Nutrisi yang didapat bisa dari buah, susu, ataupun daging yang bayi konsumsi. Disamping itu, nutrisi yang diberikan juga harus sesuai dengan kebutuhan bayi.

Ikan salmon menjadi salah satu pilihan para orangtua untuk konsumsi bayinya. Tekstur ikan salmon yang mudah diolah membuat bayi lebih mudah mencernanya. Selain itu, salmon juga memiliki segudang vitamin yang dapat menjaga kesehatan untuk tubuh bayi. Tak heran jika banyak sekali resep berbahan salmon untuk makanan bayi.

Lalu, kira-kira apa saja manfaat dari ikan salmon yang berguna untuk tumbuh kembang bayi? Untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, kamu dapat memahami penjelasan di bawah ini terkait dengan kandungan nutrisi ikan salmon dan manfaatnya untuk bayi.

manfaat salmon untuk bayi
manfaat salmon untuk bayi

Sekilas Tentang Manfaat Salmon Untuk Bayi

Ikan dengan nama latin Onchorhyncus Nerka ini merupakan salah satu ikan air tawar yang paling sering dikonsumsi oleh banyak orang. Bukan hanya untuk makanan bayi saja, namun juga ditambahkan dalam hidangan orang dewasa. Makanan seperti sashimi, sushi, menggunakan salmon untuk menambahkan cita rasa segar yang diinginkan penikmatnya.

Salmon sendiri memiliki warna daging jingga kemerahan. Jika dilihat dari kandungan nutrisinya, salmon memiliki kandungan vitamin B12 yang tergolong banyak. Protein yang dimiliki salmon juga sesuai untuk mereka yang sedang melancarkan program diet. Berikut rincian lebih jelas kandungan nutrisi yang terdapat pada 85 gram ikan salmon:

  • 10,5 gram lemak
  • 18,7 gram protein
  • 175 kalori
  • 4% vitamin dari konsumsi perhari
  • 82% vitamin B12 dari konsumsi perhari
  • 28% niasin dari konsumsi perhari
  • 46% selenium dari konsumsi perhari
  • 23% fosfor dari konsumsi perhari
  • 12% thiamin dari konsumsi perhari

Karena kandungan vitamin B12 yang melimpah, manfaat salmon untuk bayi bisa dilihat dari seberapa penting vitamin B12 berperan dalam perkembangan bayi. Lewat ikan salmon, Vitamin B12 dapat memberikan kesehatan pada jantung, kulit, dan serta memberikan energi tambahan pada bayi.

manfaat salmon untuk bayi
manfaat salmon untuk bayi

Salmon juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung bagi bayi. Omega 3 yang ada di salmon dapat membuat jantung bayi berfungsi dengan baik dan mencegah kerusakan di kemudian hari. Untuk mendapatkan manfaat salmon untuk bayi, kamu bisa mencampurkannya pada MPASI atau tepatnya setelah bayi berusia 6 bulan.

Hal tersebut dilakukan karena dalam 6 bulan pertama, bayi harus mendapatkan ASI untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Jika kebutuhan ASI belum tercukupi, dikhawatirkan bayi tidak akan bisa bertumbuh kembang dengan baik.

Setelah kebutuhan ASI bayi terpenuhi, bayi baru bisa diberikan makanan pengganti ASI atau yang sering biasa kita sebut MPASI untuk melengkapi nutrisinya. Dimana, salmon merupakan bahan makanan tambahan yang berguna untuk melengkapi nutrisi bayi.

Meningkatkan Kemampuan Penglihatan Bayi

Penglihatan bayi akan lebih tajam saat mengonsumsi salmon sebagai MPASI. Dengan kandungan DHA serta AHA yang ada di dalamnya, kerja saraf mata bayi akan berfungsi dengan baik. Sehingga, ketika bayi sudah besar, mereka memiliki kelincahan otot mata yang terjaga. Untuk menjaga nutrisinya, kamu harus memperhatikan bagaimana kamu mengolahnya.

Salmon yang dikukus akan membuat nutrisi tidak terbuang begitu saja. Saat dicampurkan dengan MPASI, rasanya tetap kaya dan nutrisinya tetap terjaga. Hancurkan perlahan untuk mendapatkan tekstur yang lembut. Kamu tidak perlu khawatir jika bayi akan mengalami masalah pencernaan setelah mengonsumsi salmon.

Pasalnya, manfaat salmon untuk bayi lainnya adalah mereka juga melancarkan proses pencernaan makanan oleh bayi. Tidak seperti makanan lainnya, bayi akan lebih mudah beradaptasi mengonsumsi salmon. Namun kamu harus tetap memperhatikan bahwa kehigienisan salmon perlu diutamakan sebelum mengolahnya.

manfaat salmon untuk bayi
manfaat salmon untuk bayi

Menguatkan Tulang Pada Bayi

Tulang-tulang yang kuat akan membuat bayi kamu menjadi anak yang bertumbuh kembang dengan kelincahan motorik yang bagus. Untuk menunjangnya, kamu bisa memberikan ikan salmon dalam MPASI-nya. Manfaat salmon untuk bayi tersebut didapatkan dari kandungan protein yang cukup tinggi.

Sehingga, ketika sudah beranjak dewasa, bayi kamu bisa lebih mudah berjalan atau berlari. Hal tersebut dikarenakan tulang di tubuhnya sudah kuat. Yang perlu diasah selanjutnya ialah keterampilan dalam berlari dan berjalan. Kamu bisa mengajarinya seiring dengan berjalannya waktu. Yang utama, perhatikan dulu kesehatan tulang bayi.

Membantu Meningkatkan Kecerdasan Otak

Bagaimana bisa salah satu manfaat salmon untuk bayi adalah meningkatkan kecerdasan otak? Tentu saja bisa. Salmon memiliki vitamin B, mineral, dan omega 3 yang berlimpah. Zat-zat tersebut membantu otak untuk menjalankan fungsinya dengan baik dan berurutan. Dimana, dalam arti lain, otak dalam kondisi yang sehat atau tidak ada malfungsi yang terjadi.

Selain bermanfaat untuk kesehatan otak, salmon juga termasuk makanan yang gurih untuk bayi. Rasanya tidak hambar, dan tidak juga asin. Jika dikombinasikan dengan kaldu ayam, rasa salmon akan membaur dengan sempurna. Bayimu pasti akan menyenangi cita rasa gurih dari salmon yang diolah. Bayi senang, kamu juga akan senang.

manfaat salmon untuk bayi
manfaat salmon untuk bayi

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat salmon berikutnya ialah salmon dapat menjaga kesehatan kulit bayi. Hal tersebut dikarenakan salmon memiliki asam lemak esensial yang menahan pori-pori untuk membesar. Ketika pori-pori tertutup, maka air yang ada di tubuh bayi menjadi tertahan. Contoh mudahnya, keringat di tubuh bayi tidak ikut masuk ke kulitnya.

Karena hal tersebut, bayi akan terhindar dari penyakit kulit seperti gatal-gatal atau alergi terhadap makanan tertentu. Namun, kamu juga harus waspada jika bayi sepertinya tidak menyenangi salmon. Jika konsumsinya dilanjutkan, maka bayi justru akan mengalami iritasi dan alergi. Sehingga, penting sekali untuk melihat reaksi tubuh bayi saat memakan salmon.

Menghindarkan Bayi dari Penyakit

Salmon memiliki kandungan B12 yang melimpah. Ini merupakan salah satu manfaat salmon untuk bayi karena vitamin B12 mampu menghindarkan bayi dari segala jenis penyakit. Mulai dari penyakit biasa seperti kelelahan hingga penyakit jantung, radang sendi, dan sebagainya.

Bayi yang terbiasa mengonsumsi salmon secara berkala juga dapat lebih aktif dalam kegiatan sehari-harinya. Hal tersebut dikarenakan salmon membantu menjaga kesehatan otak bayi. Sehingga, respon bayi menjadi lebih cepat karena nutrisi yang terdapat di ikan salmon.

Setelah mengetahui nutrisi salmon untuk bayi, kamu harus menentukan kapan bayi dapat mengonsumsi salmon. Berikan jeda 2 – 3 hari untuk bayi mengonsumsi salmon kembali. Sebagai gantinya, kamu bisa mengolah kentang, hati ayam, sebagai MPASI bagi bayi.

manfaat salmon untuk bayi
manfaat salmon untuk bayi

Penutup

Pastikan juga untuk mengolahnya dengan halus. Jangan sampai bayi tersedak karena terdapat bahan makanan yang belum tercampur dengan rata. Saat membuat MPASI dengan bahan baku salmon, berikan juga sayuran untuk memenuhi nutrisinya. Semoga artikel tentang manfaat salmon untuk bayi ini dapat berguna untuk kamu.