ikan laut untuk diet
Tips

Jenis Ikan Laut Untuk Diet

Bagikan artikel ini

Dalam melakukan diet, banyak orang yang mencari referensi makanan salah satunya mencari jenis ikan laut untuk diet. Ikan merupakan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi dan aman untuk semua umur. Selain mudah dicerna, protein dalam ikan juga sangat tinggi, loh!

Hal tersebut sangat cocok bagi kamu yang sedang melakukan diet. Dimana untuk mendapatkan hasil diet yang baik, maka harus memenuhi asupan protein sesuai kebutuhan tubuh. Kandungan omega 2 serta asam lemak yang terdapat dalam ikan mampu membantu kamu menurunkan berat badan.

ikan laut untuk diet
ikan laut untuk diet

Ini Dia, Tujuh Jenis Ikan Laut Untuk Diet

Dikenal dengan nutrisinya yang tinggi, ikan adalah salah satu makanan laut yang paling direkomendasi untuk dikonsumsi. Hewan laut tersebut kaya akan lemak yang baik dan juga protein. Ikan juga dianggap bagus dan baik untuk melawan penyakit, seperti jantung dan juga meningkatkan kualitas kesehatan mental.

Namun dari banyaknya jenis ikan, ada jenis ikan laut untuk diet yang sangat direkomendasikan oleh beberapa ahli. Dilansir Times of India, berikut ini jenis ikan laut diet yang paling banyak dipilih oleh orang-orang beserta manfaat yang akan didapatkan.

1. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung omega 3 yang baik dan bagus bagi kesehatan jantung. Harga ikan salmon dari hasil ternakan umumnya lebih murah bila dibandingkan ikan salmon liar hasil tangkapan. Jadi, untuk lebih menghemat dalam membeli salmon, salmon yang pertama lebih direkomendasikan.

Namun, ikan salmon liar lebih memiliki vitamin yang tinggi dari pada salmon ternak dan juga mineral yang dikandung juga lebih banyak. Menurut Asosiasi Para Pekerja Kesehatan Reproduktif, semakin tua serta besar ikan salmon, semakin tinggi juga kandungan merkuri yang ada di dalamnya. Maka disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon yang segar. 

ikan laut untuk diet
ikan laut untuk diet

2. Ikan Tuna

Jenis ikan laut untuk diet selanjutnya adalah ikan tuna. Ikan tuna mengandung vitamin B12 dan D serta kaya akan kalsium dan besi. Daging dari ikan tuna juga mengandung protein yang rendah lemak. Anak-anak dan ibu hamil kerap disarankan untuk memakan bermacam varian dari santapan ikan tuna. 

Yang perlu diketahui adalah ketika menyantap ikan tuna kaleng daging, terkandung kadar sodium yang cukup tinggi. Bagi kamu yang sangat memperhatikan asupan garam, menyantap tuna kalengan bukan pilihan yang sehat serta sangat tidak disarankan.

ikan laut untuk diet
ikan laut untuk diet

3. Kod

Ikan kod dianggap sebagai salah satu makanan tersehat yang ada di dunia. Ikan yang dipenuhi sisik ini adalah sumber yang bagus untuk vitamin B12 serta omega 3. Ikan kod dipilih sebagai pilihan pengganti daging merah yang terbaik sebagai protein serta dapat melawan bermacam-macam penyakit.

Daging tersebut sangat bermanfaat bagi penderita Atherosclerosis dan mereka yang mempunyai kondisi jantung dan diabetes. Yang paling penting ialah ikan kod sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung kita.

Banyak penelitian telah dibuktikan, orang yang mengonsumsi daging ikan ini mempunyai kondisi jantung yang bagus serta mempunyai risiko yang rendah untuk terkena serangan jantung bila dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya.

ikan laut untuk diet
ikan laut untuk diet

4. Trout

Menyantap daging ikan trout yang segar akan selalu menjadi pilihan yang terbaik. Ikan berbintik ini mengandung lemak omega 3, yang mana sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Para ahli kesehatan merekomendasikan ikan trout pelangi dibandingkan ikan trout yang liar. Hal tersebut dikarenakan ikan trout pelangi yang umumnya dikembangbiakan sehingga dapat terlindung dari kontaminasi.

ikan laut untuk diet
ikan laut untuk diet

5. Haring

Ikan haring mirip dengan ikan sarden. Ikan haring adalah sumber yang bagus untuk vitamin D serta Zinc. Ikan ini juga memiliki rasa sedikit berbeda karena dagingnya yang cukup lembut. Mengonsumsi ikan haring sehari-hari setiap makan dapat membuat sel darah merah yang sehat. Protein yang ditemukan dalam ikan haring bermanfaat sebagai sumber dari asam amino yang dibutuhkan dalam memproduksi hemoglobin di dalam tubuh.

ikan laut untuk diet
ikan laut untuk diet

6. Sarden

Ikan sarden merupakan salah satu jenis ikan laut untuk diet selanjutnya. Ikan sarden merupakan satu-satunya ikan berminyak yang mempunyai kandungan vitamin yang cukup tinggi. Ikan sarden memiliki nutrisi yang lebih banyak bagi kulit serta tulang. 

Salah satu keuntungan jika kamu mengonsumsi ikan sarden bagi kesehatan adalah perlindungan dari penyakit jantung, kanker serta dapat membantu menguatkan tulang. Ikan sarden juga dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat menjaga kendali tekanan darah.

ikan laut untuk diet
ikan laut untuk diet

7. Lele

Jenis ikan laut untuk diet yang terakhir ialah ikan lele. Ikan lele mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Terlepas dari rasa manis yang dimiliki ikan lele, dagingnya bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kamu, loh! Daging ikan lele kaya akan vitamin serta lemak yang sehat.

Lele mempunyai kandungan rendah kalori serta lemak, sehingga memasukkan ikan lele sebagai salah satu makanan ke dalam pola diet sehat kamu sangatlah direkomendasikan. Daging ikan lele mempunyai asam lemak yang sehat, seperti omega 3 dan 6. 

Badan perlindungan lingkungan alam mencatat bahwa, ikan lele dinobatkan sebagai ikan yang paling banyak dikonsumsi orang karena potensi dari kandungan merkuri yang dimiliki adalah yang paling rendah. Selain itu, ikan lele juga memiliki kandungan vitamin B22 yang dapat membantu tubuh dalam mengelola sistem syaraf.

ikan laut untuk diet
ikan laut untuk diet

Manfaat Ikan Untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

Setelah mengetahui beberapa jenis ikan laut untuk diet, selanjutnya kamu akan mengetahui alasan mengapa ikan dapat membantu menurunkan berat badan. Dilansir laman NDTV Food, berikut alasan kandungan dalam beberapa jenis ikan laut untuk diet dapat membantu menurunkan berat badan bagi kamu yang sedang diet.

Ikan merupakan sumber protein tanpa lemak yang sangat bagus. Total protein tergantung pada jenis ikan apa yang kamu pilih untuk dikonsumsi. Namun yang pasti, ikan mempunyai kandungan protein yang berkualitas tinggi yang dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Kandungan protein dalam ikan dapat membantu kamu tetap kenyang dalam waktu yang lama serta membantu memperbaiki otot lebih cepat.

  • Lemak yang sehat

Mungkin kamu sering berfikir bahwa lemak merupakan alasan utama mengapa berat badan selalu naik, namun sebenarnya lemak bisa membantu kamu menurunkan berat badan. Namun harus diperhatikan juga jenis lemak mana yang baik untuk kamu konsumsi.

Jenis lemak yang ada di dalam ikan merupakan asam lemak omega 3, yang mana bisa melindungi jantung dan sangat dikenal dalam menstabilkan berat badan agar menjadi lebih baik lagi.

  • Rendah kalori

Makanan rendah kalori memanglah dibutuhkan dalam membantu menurunkan berat badan kamu. Ikan termasuk makanan rendah kalori yang bisa membantu kamu agar tetap kenyang serta bisa membuat tubuh tetap bugar.

  • Menjaga metabolisme tubuh agar tetap sehat

Ikan juga mengandung yodium yang tinggi, dimana dapat berfungsi sebagai hormon tiroid. Hormon tiroid merupakan salah satu hormon yang penting di dalam tubuh karena bisa mempengaruhi tiap sel dan organ.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi, maka kamu bisa tetap menjaga tingkat tiroid naik, serta bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

ikan laut untuk diet
ikan laut untuk diet

Penutup

Demikianlah artikel mengenai jenis ikan laut untuk diet yang bisa diterapkan dalam daftar menu diet kamu. Konsumsi ikan secara rutin sangat disarankan, sehingga program diet yang kamu lakukan bisa membuahkan hasil yang diinginkan.