7 Cara Memasak Ikan Salmon yang Benar Agar Nutrisinya Tidak Hilang | Blog Sayurbox
Written by at February 20, 2020
Tips & Trik

7 Cara Memasak Ikan Salmon yang Benar Agar Nutrisinya Tidak Hilang

Siapa yang tak kenal dengan ikan salmon? Jenis ikan yang satu ini cukup populer berkat kandungan gizinya yang tinggi dan juga lengkap, sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Ikan salmon kaya akan kandungan omega-3, yang mana omega-3 ini memiliki peran penting untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Selain itu, salmon juga mengandung berbagai vitamin, mineral, juga antioksidan yang dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dan melindunginya dari gempuran berbagai penyakit. Namun, kamu perlu tahu cara memasak ikan salmon agar nutrisinya tidak hilang.

 

Kandungan gizi yang lengkap dengan kadar tinggi ini membuat banyak orang tertarik untuk mengonsumsi salmon demi memperoleh manfaatnya. Namun, jenis ikan ini sedikit tricky untuk dimasak. Teksturnya cenderung lunak, sehingga mudah hancur apabila tidak dimasak dengan cara yang tepat, berbeda dengan jenis ikan lain yang lebih padat dan kenyal teksturnya. Selain bentuknya akan hancur, memasak salmon dengan cara yang kurang tepat akan membuat gizi dan nutrisi yang dikandungnya menjadi berkurang. Bahkan, kandungan lemak dalam salmon bisa bertambah dan tentunya justru berakibat kurang baik bagi kesehatan.

 

Bagi kamu yang ingin merasakan manfaat ikan salmon namun belum mengetahui cara memasak yang benar agar nutrisinya tetap terjaga, berikut 7 cara memasak ikan salmon yang benar.

 

Ini cara memasak ikan salmon yang benar

Cara Memasak Ikan Salmon
Cara Memasak Ikan Salmon yang Benar Agar Nutrisinya Tidak Hilang. (Foto: Pixabay)

1. Cuci daging salmon dengan baik

Waktu yang tepat untuk mencuci salmon adalah ketika dalam keadaan utuh, alias sebelum salmon dipotong-potong. Setelah dicuci bersih, buang bagian sisik serta isi dalam perutnya. Apabila telah bersih, barulah potong salmon menjadi beberapa bagian yang lebih kecil.

 

Pastikan untuk menjaga agar daging salmon tidak terkena banyak air. Jangan menyiram dengan air dalam jumlah banyak karena berpotensi menghancurkan tekstur daging salmon yang lunak serta menghilangkan rasa daging salmon yang juicy.

 

Lebih baik bila proses pembersihannya dilakukan dengan menggunakan kedua tangan secara perlahan dan hati-hati. Setelah proses pembersihan, keringkan daging salmon dengan cara dilap secara lembut. Simpan daging salmon yang telah bersih dan kering di dalam freezer dengan terlebih dahulu membungkusnya dalam plastik wrapping bila tidak ingin langsung mengolahnya. 

 

2. Cabut duri dan jangan buang kulitnya

Saat ini memang banyak penjual yang menyediakan salmon fillet tanpa kulit yang siap diolah. Akan tetapi, jenis ikan salmon yang telah berbentuk fillet tanpa kulit ini rentan gosong alias overcooked ketika dimasak. Kulit salmon ini juga merupakan bagian yang memiliki rasa lezat, sehingga sangat sayang jika dilewatkan. Lebih baik bila membeli ikan salmon dalam keadaan utuh.

 

Namun, pastikan untuk mencabut seluruh bagian durinya termasuk bagian terkecil yang kerap luput dari pandangan. Pastikan juga untuk memastikan bagian kulitnya masih menempel di daging salmon agar rasanya semakin lezat.

 

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Begini 5 Cara Memilih Ikan Tuna yang Segar

3. Merebus salmon dengan tepat

Merebus, adalah salah satucara memasak ikan salmon paling mudah. Menenggelamkan daging salmon ke air dalam panci dan merebusnya di api kecil selama 10 menit ataupun hingga matang adalah teknik yang dapat membuat tekstur salmon menjadi lebih lembut dan juga lunak. Meskipun terdengar mudah, tetapi kamu harus memastikan untuk menggunakan sedikit saja air saat merebus salmon, hanya sampai batas seluruh daging terendam air.

 

Hal ini merupakan langkah preventif untuk mencegah hancurnya daging salmon karena teksturnya menjadi terlalu lunak. Sedikit tips, kamu bisa menambahkan sayuran ataupun bahan pelengkap seperti kentang hingga asparagus saat merebusnya. Penambahan bahan ini akan membuat perpaduan yang lezat dan tentunya juga sehat.

 

Ingin mencoba cara memasak ikan salmon yang benar ini? Yuk, beli ikan salmon segar dan berkualitas di Sayurbox!

ikan salmon

 

4. Cara membakar ikan salmon yang benar

Selain dengan cara direbus, ikan salmon juga sangat cocok diolah dengan menggunakan cara dibakar. Daging salmon yang bertekstur lunak akan cenderung lebih cepat matang serta tidak gampang hancur bila dibakar, berbeda dengan jenis ikan lain pada umumnya. Salmon yang dibikar juga dinilai lebih sehat karena tidak memerlukan lebih banyak lemak tambahan, kecuali yang digunakan untuk mengoles panggangan.

 

Untuk waktu membakar, biasanya diperlukan hanya 10 hingga 15 menit saja untuk menghasilkan rasa salmon yang gurih dan lezat. Bila menginginkan rasa salmon yang juicy, maka cobalah untuk menambahkan perasan jeruk nipis di bagian atas daging salmon ketika dibakar. Jangan lupa untuk menambahkan sejumlah sayuran sebagai bahan tambahan untuk meningkatkan nilai gizi sajian.

 

Baca juga: 6 Cara Mengolah Ikan Kuro yang Lezat dan Mudah Dimasak

 

5. Cara memanggang daging ikan salmon

Serupa dengan cara membakar, metode memasak dengan menggunakan cara memanggang juga bermanfaat untuk membuat sajian salmon tetap sehat tanpa tambahan lemak. Bedanya, dibutuhkan waktu yang sedikit lebih lama yakni 20 hingga 30 menit untuk memanggang salmon hingga benar-benar matang.

 

6. Mengukus salmon dengan tepat

Metode ini biasanya kerap digunakan untuk membuat sajian pepes. Hal yang perlu diperhatikan tentu saja jumlah air ketika mengukus. Air yang terlalu banyak rentan menimbulkan uap berlebih yang dapat menghancurkan daging salmon yang bertekstur lunak. Gunakan air secukupnya dan tambahkan bumbu serta rempah pilihan ketika mengukus salmon demi menghasilkan citarasa yang kaya.

 

Baca juga: 7 Manfaat Ikan Gindara untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba

 

7. Mengolah salmon kalengan

Salmon kalengan merupakan opsi yang sangat praktis dan mudah untuk menyajikan salmon. Pastikan menyimpan salmon kaleng di tempat yang sesuai untuk mencegah terjadinya kerusakan pada kemasan yang menimbulkan resiko kontaminasi. Tambahkan bahan-bahan lain seperti sayur ataupun bumbu saat mengolah salmon kaleng agar rasanya tidak monoton.

 

Itu dia beberapa cara memasak ikan salmon yang benar tanpa mengurangi nilai gizinya. Tertarik untuk mengolah dan menyantap sajian berbahan salmon? Yuk, beli ikan salmon segar dan berkualitas di Sayurbox!

ikan salmon

Related Articles

Jangan Salah Pilih, Begini 5 Cara Memilih Ikan Tuna yang Segar

Ikan tuna adalah salah satu sumber Omega 3 yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, rasa ikan tuna yang khas dan gurih juga membuat banyak...

Cari Tahu 5 Perbedaan Bawang Bombay Merah dan Putih

Bawang bombay, merupakan salah satu jenis yang kerap digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai olahan masakan. Mulai dari kaldu,...

Jangan Salah Beli, Ini 7 Cara Memilih Buah Naga yang Matang

Buah naga, merupakan salah satu jenis buah yang menjadi favorit bagi banyak orang karena rasanya yang enak dan segar. Selain itu, buah yang...

Post Comment

Cara Memasak Ikan Salmon yang Mudah